Kripik Ubi Ungu

Kripik Ubi Ungu

Ubi jalar ungu atau ubi ungu ini memiliki nama latin “Ipomea Batatas L Poir” sedang di Amerika biasanya disebut dengan “Sweet Potato” ini adalah tanaman yang bisa budidaya. Ubi jalar ungu jenis “Ipomoea Batatas L. Poir” memiliki warna yang ungu yang cukup pekat pada daging ubinya sehingga banyak menarik perhatian.

kripik ubi unguUbi jalar ungu yang sejenis Yamagawamurasaki dan Ayamurasaki telah dikembangkan di Jepang dan dipergunakan di berbagai produk produk komersial juga sebagai pewarna alami pangan dan minuman fermentasi. Kripik Ubi Ungu.

Warna ungu dari ubi jalar ungu berasal dari pigmen alami yang terkandung di dalamnya. Pigmen Hidrofilik Antosianin termasuk golongan Flavonoid yang menjadi pewarna pada sebagian besar tanaman, yaitu warna biru, ungu dan merah. Kripik Ubi Ungu.

Dalam 100 g ubi jalar ungu segar, kandungan Antosianin ubi jalar ungu pekat 17 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kadar Antosianin ubi jalar ungu muda. Kandungan Antosianin ubi jalar tergantung pada intensitas warna pada umbi tersebut. Semakin ungu warna umbinya, maka kandungan Antosianinnya semakin tinggi. Kripik Ubi Ungu.

Antosianin memberikan efek kesehatan yang sangat baik yaitu sebagai Antioksidan dan Antikanker karena defisiensi elektron pada struktur kimianya sehingga bersifat reaktif menangkal radikal bebas.

Antosianin yang diekstrak dari ubi jalar ungu juga dapat menangkal secara signifikan pembentukan peroksida lemak. Ubi jalar juga mengandung jenis serat serat larut yang dapat membantu menurunkan LDL (Koresterol jahat), Serat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu mampu melancarkan pencernaan dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Kripik Ubi Ungu.

Kelebihan lain dari ubi jalar adalah kandungan vitamin B yaitu B6 dan asam folat yang cukup mengesankan. Kedua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kerja otak sehingga daya ingat dapat dipertahankan. Ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan rendah kalori. Hal ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes karena bisa mengontrol atau memperlambat peningkatan kadar gula dalam darah penderita.

Olahan Ubi Ungu menjadi Kripik Ubi Ungu

Kripik Ubi UnguKita dapat menemukan ubi ungu dengan mudah di pasar karena tanaman ubi banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Pengolahan ubi jalar menjadi berbagai macam produk, antara lain Sirup Fruktosa, manisan kering ubi jalar, French Fries, mie ubi ungu, selai, kripik ubi ungu, biskuit ubi ungu, yogurt ubi ungu, dan bakpao ubi ungu.

Pembuatan Kripik Ubi Ungu

Cara pembuatan kripik ubi ungu yaitu, mula-mula ubi jalar dicuci untuk menghilangkan tanah yang melekat pada kulit ubi jalar, kemudian dilakukan pengupasan, selama pengupasan ubi jalar yang telah dikupas direndam dalam air sampai pengupasan selesai. Ubi jalar yang sudah bersih ini kemudian dipotong dengan alat pengiris ubi jalar pada ketebalan 1 – 2 mm, kemudian direndam dalam air kapur beberapa saat. Bawang putih dan garam dihaluskan dan diberi sedikit air untuk merendam sebagai bumbu agar rasanya gurih, bisa juga untuk memberi tambahan rasa manis pada hasil kripik ubi ungu dengan cara merendam dahulu pada larutan gula dengan air. Tiriskan potongan ubi ungu tersebut kemudian goreng pada minyak sawit hingga kering matang.

Dinginkan dan tiriskan dari minyak goreng yang melekat maka kripik ubi ungu kini siap saji. Apabila akan disimpan maka masukkan pada tempat yang kedap udara seperti toples ataupun plastik tebal agar kripik ubi ungu bisa tahan lama.

Aneka Keripik Malang menyediakan makanan ringan kripik ubi ungu bagi para reseller ataupun distributor makanan ringan yang berminat melakukan bisnis dibidang camilan tradisional khas daerah.