Kripik Talas

Kripik Talas

Talas merupakan sumber pangan yang penting karena setara dengan beras dimana terdapat sumber Karbohidrat, Protein dan Lemak, talas juga mengandung beberapa unsur Mineral dan Vitamin. Bahkan unsur serat yang tidak terdapat pada nasi menjadi nilai tambah pada umbi talas ini. Kripik Talas.

Talas atau yang memiliki nama ilmiah Colocasia Esculenta, sebenarnya sudah banyak dibudidayakan diseluruh Dunia, dan diyakini merupakan tanaman asli India selatan dan Asia tenggara. Di pulau Jawa khususnya, talas memiliki istilah yang  cukup populer dengan sebutan ” Mbothe “.

Kripik TalasTalas adalah salah satu dari beberapa tanaman yang bisa tumbuh di daerah tepian sungai atau rawa, jenis tumbuhan ini memiliki tangkai yang bisa menjulur kebawah air. Tanaman talas memiliki umbi yang menjadi makanan pokok di berbagai daerah seperti Afrika dan India, tetapi juga tanaman ini bisa ditemukan di Negara Negara Jepang, Amerika Serikat, Fiji, dan Spanyol. Kripik Talas.

Yang menarik setiap kebudayaan daerah menggunakan hasil talas dengan cara yang sedikit berbeda. Kalau di Indonesia sendiri, umbi talas biasa disajikan setelah direbus, namun seiring dengan perkembangan, kini umbi talas sudah tersedia dalam bentuk olahan seperti keripik dan kue. Kripik Talas.

Manfaat Bahan Baku Kripik Talas

Umbi talas adalah akar tanaman yang bisa dimakan, tersebar diberbagai tempat di seluruh dunia dan memiliki banyak manfaat, seperti :

Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Umbi talas dapat mencegah risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, cara pengolahannya umbi talas direbus tanpa tambahan bahan lainnya, 100% bebas dari kolesterol sehingga aman ketika dikonsumsi. Kripik Talas.

Getah Daun Talas Mengobati Luka dan Gatal-gatal

Getah daun Talas biasa digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka dan sebagai obat untuk bengkak. Pelepah dan tangkai daun yang dipanggang dapat digunakan sebagai obat gatal-gatal.

Menjaga Kolesterol

Talas memilik kandungan serat sehingga memperlancar pencernaan, dengan lancarnya pencernaan maka kolesterol darah akan tetap terjaga kesetabilannya. Kripik Talas.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Apabila talas dikonsumsi dalam bentuk Jus maka dalam 1 cangkir jus talas mengandung 11% Vitamin C sebagai sumber Zat Antioksidan. Kandungan Vitamin C  pada talas dapat memperkuat pertahanan tubuh dengan membantu percepatan gerak sel darah putih dan ini sangat baik bagi yang sering kena flu.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Talas juga dapat menjaga kesehatan mata, ini dikarenakan kandungan Beta Carotene (nutrisi setara Vitamin A) pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan Fertilitas.

Olahan Kripik Talas

Kripik Umbi TalasTalas merupakan salah satu jenis umbi umbian yang telah dikenal akrab oleh penduduk Nusantara. Didaerah tertentu biasanya talas dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Namun pada era sekarang perkembangan dalam pengolahan makanan olahan umbi talas semakin bergerak maju, varian makanan dengan bahan baku umbi talas semakin beragam salah satunya umbi talas dijadikan makanan ringan.

Proses Pembuatan Kripik Talas

Bahan bahan yang harus disediakan :

Umbi talas yang sudah cukup tua.

Minyak goreng

Air kapur sirih

Bumbu :

Bawang putih

Garam

Gula pasir

Pilihlah umbi talas yang sudah cukup masa tanamnya jangan terlalu muda karena kandungan getah pada talas muda masih cukup tinggi sehingga menyebabkan kripik talas menjadi gatal di mulut ketika dimakan.

Kupas bahan baku kripik talas dari kulitnya hingga bersih kemudian cuci pada air mengalir. Rajang dengan ketebalan 2 mili meter, lebih tipis lagi lebih baik agar tambah renyah waktu dimakan. Cuci berkali kali pada air bersih atau air mengalir lebih baik untuk mengurangi kandungan getah umbi. Adapun semakin bersih pencucian akan semakin meminimalkan rasa gatal kripik talas ketika dimakan.

Perendaman pertama bahan baku kripik talas dilakukan pada wadah air yang telah dicampur kapur sirih kurang lebih 30 menit kemudian disusul perendaman kedua umbi talas dilakukan dalam air yang telah dicampur bumbu seperti bawang putih, kunyit dan garam sebagai perasa, kemudian tiriskan.

Siapkan minyak goreng diatas wajan kemudian panaskan, masukkan bahan baku kripik talas yang telah dibumbui kedalam wajan kemudian goreng hingga kering. Setelah kripik talas kelihatan benar benar matang, angkat dan tiriskan hingga minyak goreng habis menetes dan dingin.

Kripik talas rasa asin gurih telah siap disajikan, apabila Anda menginginkan cita rasa manis pada keripik talas maka caranya cukup sederhana, giling hingga halus gula pasir kemudian taburkan merata diatas keripik talas maka cita rasa manis kripik talas akan Anda dapatkan.

Kripik talas secara tradisional pengolahan, mampu bertahan hingga tiga bulan apabila disimpan dengan kemasan plastik tebal kedap dan disimpan pada suhu ruangan normal.

Aneka Kripik Malang menyediakan kripik talas untuk Didistribusikan lagi / Reseller dalam kapasitas grosir hubungi Customer Service untuk informasi harga, pembayaran dan pengirimannya.