Kripik Talas

Kripik Talas

Talas atau yang memiliki nama ilmiah Colocasia Esculenta , sebenarnya sudah banyak dibudidayakan diseluruh Dunia, dan diyakini merupakan tanaman asli India selatan dan Asia tenggara. Di pulau Jawa khususnya, talas memiliki istilah yang¬† cukup populer dengan sebutan ” Mbothe “.

talas,Yang menarik, setiap kebudayaan menggunakan talas dengan cara yang sedikit berbeda. Kalau di Indonesia sendiri, mbothe biasa disajikan setelah direbus, namun seiring dengan perkembangan, kini sudah tersedia dalam bentuk olahan seperti keripik dan kue.

Talas adalah salah satu dari beberapa tanaman yang bisa tumbuh di daerah tepian sungai atau rawa, karena tangkainya bisa menjulur kebawah air. Umbi talas adalah makanan pokok di daerah Afrika, India, tetapi juga bisa ditemukan di Jepang, Amerika Serikat, Fiji, dan Spanyol.

Manfaat Talas

Talas adalah akar sayur yang bisa dimakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia dan memiliki banyak memiliki manfaat, seperti:

A. Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Buah talas dapat mencegah risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Talas rebus tanpa tambahan bahan lainnya, 100% bebas dari kolesterol.

B. Getah Daun Talas Mengobati Luka dan Gatal-gatal

Getah daun Talas biasa digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka dan sebagai obat untuk bengkak. Pelepah dan tangkai daun yang dipanggang dapat digunakan sebagai obat gatal-gatal.

C. Menjaga Kolesterol

Talas juga menjaga kolesterol darah tetap rendah.

D. Menjaga Pertahanan Tubuh

Dalam 1 cangkir jus talas mengandung 11% vitamin C sumber zat antioksidan. Kandungan vitamin C  pada talas dapat memperkuat pertahanan tubuh dengan membantu percepatan gerak sel darah putih dan ini sangat baik bagi yang sering kena flu.

E. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Talas juga dapat menjaga kesehatan mata. Ini karena Kandungan beta carotene (nutrisi setara vitamin A) pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan fertilitas.

Olahan Kripik Talas

Talas merupakan salah satu jenis umbi umbian. Didaerah tertentu biasanya talas dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Namun pada saat sekarang ini sudah banyak makanan olahan umbi talas, seperti dijadikan cemilan. Talas merupakan sumber pangan yang penting karena selain merupakan sumber karbohidrat, protein dan lemak, talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin. Selain itu, talas ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebuah camilan karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

TalasProses pembuatan Keripik Talas

A. Bahan :

  1. Talas
  2. Minyak goreng
  3. Air kapur sirih

B. Bumbu :

  1. Cabe merah
  2. Bawang putih
  3. Air 500 ml
  4. Gula pasir

C. Pengupasan talas
Pengupasan talas diawali dengan pencucian terlebih dahulu sebelum dikupas, tujuannya adalah untuk menghilanghkan kotoran yang ada pada kulit talas agar sewaktu pengupasan kotoran-kotoran yang yang ada tidak menempel pada umbinya. Pencucianya dilakukan sampai bersih lalu dikupas sambil ditampung dalam air setelah itu dicuci sampai kesat dan tidak berlendir.

D. Perendaman dan penirisan talas
Perendaman talas dilakukan dalam air selama lebih kurang 0,5 jam. Kemudian ditiriskan

E. Pengorengan talas
Pengirisan talas di lakukan diatas penggorengan dengan menggunakan banyak minyak, agar seluruh bagian yang digoreng terendam minyak dengan api sedang. Pengorengan ini dilakukan sampai berwarna kuning kecoklatan. Tanda yang paling mudah diamati adalah gejolak minyak telah berhenti dan produk menjadi tampak kering dan berwarna kuning kecoklatan berarti proses selesai, setelah produk matang lalu ditiriskan dialasi kertas.

F. Pembuatan bumbu
Pembuatan bumbu meliputi penghalusan cabe merah,bawang putih ditambah sedikit air 100 ml. Bumbu tersebut digoreng dengan minyak sedikit sampai benar-benar kering lalu tiriskan. Pada proses penambahan gula pasir dimasak terpisah dengan ditambah air 400 ml dimasak sampai kembrambut setelah itu baru bumbu dimasukkan, diaduk sampai tercampur rata kemudian masukkan keripik kimpul balado yang sudah digoreng

G. Tahap penyelesaian
Tahap penyelesaian adalah tahap akhir dari proses pembuatan keripik talas, kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini penirisan dan mengangin-anginkan keripik talas agar bumbu yang menempel benar-benar kering sehingga bila dilakukan pengemasan kondisi keripik talas tetap renyah dan kering.

Untuk pemesanan dan pembelian keripik nangka dan keripik lain bisa melalui nomor HP yang sudah tertera. Dan untuk harga silahkan kunjungi ” Harga Produk “.