Kripik Singkong

Kripik Singkong

Kripik Singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih dan ada pula rasa yang manis. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa Keripik Singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebagai bumbu balado. Makanan kripik singkong ini tersebar hampir merata di seluruh Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

Manfaat Singkong

kripik singkongManfaat Kripik Singkong memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, Manfaat Singkong juga dikenal sebagai umbi yang memiliki khasiat antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan. Tak hanya itu, keripik Singkong juga mampu menyembuhkan beragam penyakit. Diantaranya diare, sakit kepala, rematik, luka, dll.

Selain itu Kripik Singkong juga memiliki manfaat lain yaitu untuk membantu pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia. Singkong mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, diantaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. Bahkan jumlah kalium pada singkong cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Proses Produksi Kripik Singkong

Bahan

Singkong 1 kg : carilah singkong dengan kualitas terbaik untuk mendapatkan rasa kripik singkong yang gurih, enak, dan renyah.

Kapur Sirih (1 sdm)

Air (300 ml)

Bumbu

Garam (5 sdm)

Bawang Putih (5 siung)

Gula Pasir (2 sdm)

Minyak Sayur

Pembuatan Kripik Singkong

Singkong yang dipakai harus melalui proses sortasi berdasarkan jenis, bentuk fisik dan umur tanam untuk mendapatkan kualitas terbaik dari bahan baku untuk membuat kripik singkong

Pengupasan

Pengupasan kulit singkong dilakukan dengan menggunakan pisau tajam agar hasil potongan sesuai dengan tehnik memotong yang telah diterapkan untuk menghasilkan potongan Kripik Singkong yang baik

Pencucian

Pencucian singkong dilakukan dengan memegang singkong tersebut dengan menggunakan air yang mengalir. Sehingga singkong benar-benar bersih dari kotoran tanah dan tentunya Higienis. Hasil cucian singkong tersebut dimasukkan kedalam tempat atau wadah yang berlubang. Supaya air dari sisa pencucian singkong bisa mengalir keluar dengan lancar dan akan menghasilkan singkong yang bersih dan kering.

Pemotongan

Singkong hasil cucian yang telah benar-2 tiris/ kering kemudian dirajang satu persatu untuk dijadikan Kripik Singkong dengan potongan selera kita. Tapi yang biasa di gunakan adalah potongan bulat atau menurut bulatnya singkong tersebut

Pembumbuan

Rendam singkong irisan tersebut dalam wadah air yang telah dicampur dengan bumbu biarkan bumbu merasuk sekitar tiga puluh menit kemudian tiriskan agar tidak banyak yang lengket ketika digoreng.

Penggorengan

Penggorengan Kripik Singkong di tempatkan pada kuali besar selama kurang lebih beberapa menit, perhatikan perubahan warna pada keripik agar hasilnya tidak terlalu gosong ataupun masih terlalu mentah.

Penirisan

Kripik Singkong yang sudah benar-benar matang didangkat kemudian ditiriskan minyaknya diatas drum penirisan. Ini dilakukan agar Keripik Singkong tidak banyak mengandung minyak/basah.

Pendinginan

Keripik Singkong yang sudah tiris dari minyak ditampung kedalam drum stanleees supaya uap panasnya hilang/dingin.

Packing

Kemas keripik singkong sesuai dengan kebutuhan misalnya 100 gram, 250 gram, 500 gram atau 1 kilo. Gunakan kemasan yang baik dan tebal agar bisa menyimpan produk secara baik.

Labelling

Setelah kripik singkong dikemas gunakan label yang berisi tentang nama produk, brand, isi komposisi, dan masa ekspired, apabila produk keripik akan dijual ke konsumen.

Aneka Keripik Malang menyediakan keripik singkong, untuk cara dan sistem pemesanan pembelian dan pembayaran sekaligus pengiriman kripik singkong lebih jelasnya bisa dilihat di halaman “Pembayaran”, untuk harga terbagi dalam tiga katagori yaitu pembelian untuk retail, pembelian untuk grosir, dan pembelian untuk loss atau curah.