KRIPIK PISANG

KRIPIK PISANG

Pisang adalah buah yang berwarna kuning yang sering kita temukan di Negara Asia Tenggara.Orang Indonesia sangat familiar dengan buah yang berbentuk lonjong ini. Pisang juga sangat digemari orang Indonesia karena teksturnya yang lembut setra rasanya yang manis. Pisang dapat membantu bagi orang yang sedang ingin mempertahankan berat badannya atau sedang diet.Buah pisang memiliki dua kali lebih banyak karbohidrat didalamnya dibandingkan buah apel.selain itu pisang juga kaya dengan potassium. Selain itu pisang dapat diolah menjadi macam olahan makanan yaitu kripik pisang

Manfaat-Buah-Pisang

Kripik Pisang ,dan Manfaat Buah pisang

Disamping tekstur yang lembut dan rasa buah yang manis buah pisang kaya akan manfaatnya bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat atau khasiat dari buah pisang:

1.mengobati sakit maagh

Didalam buah pisang terdapat kandung zat asam yang dapat menangkal penyakit maag.

2.meningkatkan kekebalan tubuh

Didalam pisang banyak terkandung vitamin A,C dan B6. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi dalam tubuh

3.mencegah penyakit jantung

Pisang dapat mencegah penyakit jantung karena didalam pisang terdapat vitamin C dan flavonoid, yang besifat antioksidan dan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

4.menurunkan berat badan

Di dalam pisang terdapat karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan.

5.mengatasi anemia

Pisang mengandung zat besi didalamnya.bagi penderita anemia minimal memakan dua buah pisang agar tidak anemia.

 

Cara Pembuatan Kripik Pisang

Pertama kita siapkan bahan bahan yang di butuhkan:

Pisang,minyak goreng dan air gula jawa.

Anda tentu pernah makan camilan berupa kripik tempe atau keripik buah. Pernahkah anda berpikir bagaimana cara pembuatan keripik tersebut ??? Ternyata pembuatan sangat mudah saja. Misalnya seperti pembuatan kripik pisang, mula-mula buah diiris tipis-tipis kemudian langsung dimasukkan dan direndam ke dalam air yang dicampur lemon selama lebih kurang 30 menit. Hal ini untuk mencegah oksidasi yang menyebabkan irisan buah apel berubah warna.

Setelah direndam kemudian ditiriskan sebentar dan langsung dimasukkan ke dalam mesin penggorengan hampa udara atau mesin vacuum frying selama satu jam. Buah pisang digoreng pada suhu antara 50-60 derajat celcius, sehingga tekstur dan warna buah pisang tetap terjaga.

Kemasan kripik pisang di Indonesia masih tergolong buruk sehingga masalah di sisi pemasaran karenanya. Ini disebabkan salah satunya karena faktor ekonomis. Kebanyakan keripik pisang diproduksi oleh industri kecil dan rumah tangga yang tergolong dalam UKM, sehingga banyak beredar kemasan standpouch atau plastik bening dengan desain yang tidak marketable. Ini semakin mempunyai efek buru bagi bisnis untuk penetrasi pasar yang lebih besar dan eksposur yang lebih luas. Untuk itulah tulisan ini dibuat, memahami pentingnya packaging, berbagi ide kemasan keripik pisang dan keuntungan lain yang didapatkan menggunakan bahan kemasan yang berbeda-beda.

PisangKemasan yang baik mengamankan produk makanan sehingga terjaga kualitasnya dalam jangka waktu yang lebih lama. Sedangkan fungsi utama dari kemasan makanan adalah untuk melindungi produk Anda, fungsi utama dari desain kemasan makanan yang menarik. Paket Anda adalah duta merek Anda – itu harus menjual dirinya sendiri. Ini berarti Anda harus memiliki identitas merek yang kuat dan kemasan yang mengkomunikasikan informasi tentang produk Anda dengan jelas, singkat, dan relevan dengan audiens target Anda.