Kripik Pisang

Kripik Pisang

Pisang adalah buah berwarna kuning bulat lonjong yang sering kita temukan di Negara beriklim Tropis. Orang Indonesia sangat familiar dengan buah pisang karena habitat tanamannya memang ada disini. Pisang digemari karena teksturnya lembut, rasanya yang manis, mengenyangkan, berserat tinggi juga bernutrisi.

kripik pisangPisang dalam dunia kesehatan dapat membantu orang yang sedang ingin mempertahankan berat badannya atau sedang diet. Buah pisang memiliki dua kali lebih banyak karbohidrat didalamnya dibandingkan buah apel oleh karena itu buah ini cukup mengenyangkan ketika dimakan, selain itu pisang juga kaya dengan kandungan Potassium yang banyak berguna bagi kesehatan tubuh. Di bidang kuliner buah pisang dapat diolah menjadi macam macam olahan makanan diantaranya kripik pisang, pisang goreng, cake pisang, bubur pisang untuk bayi, ledre pisang, kolak pisang, nagasari, dan lain lain.

Manfaat Buah Pisang Pada Kripik Pisang

Disamping tekstur yang lembut dan rasa buah yang manis buah pisang kaya akan manfaatnya bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat atau khasiat dari buah pisang :

Mengobati sakit maag

Didalam buah pisang terdapat kandung zat asam yang menguatkan lambung sehingga apabila buah pisang dikonsumsi rutin maka dapat menangkal penyakit maag.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Di dalam buah pisang banyak terkandung Vitamin A,C dan B6. Jenis Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dari dalam.

Mencegah penyakit jantung

Pisang dapat mencegah penyakit jantung karena didalam pisang terdapat Vitamin C dan Flavonoid, yang besifat Antioksidan dan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Di dalam pisang terdapat karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar Glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan.

Mengatasi Anemia

Pisang mengandung Zat Besi, bagi penderita Anemia minimal memakan dua buah pisang sehari bisa menjaga atau mengurangi penurunan jumlah sel darah merah.

Cara Pembuatan Kripik Pisang

Membahas tentang pisang sebagai makanan ringan, kripik pisang ada dua jenis rasa pada awalnya, satu manis dengan balutan gula, yang satu lagi rasa asin dibalut garam.

Memasak kripik pisang ternyata sangat mudah, gunakan jenis pisang olahan jangan jenis pisang buah contohnya pisang kepok, pisang raja, pisang tanduk ataupun pisang ambon. Setiap jenis pisang akan menimbulkan rasa yang berbeda beda inilah keunikannya.

Untuk mengolah kripik pisang dengan hasilnya bagus pakailah pisang yang masih setengah matang, karena dagingnya masih kuat atau keras, sehingga saat dirajang maka bentuk potongannya akan utuh dan cantik.

Berikut Cara Membuat Kripik Pisang

Kumpulkan Bahan-bahan :

1 sisir pisang 1/2 matang.

1 sendok kecil kapur sirih ditambah 1 liter Air.

Gula pasir secukupnya.

Garam secukupnya.

Minyak goreng secukupnya.

Langkah awal kupas buah pisang kemudian irislah tipis – tipis memanjang, serong atau bulat terserah.

Rendamlah irisan pisang kedalam air yang sudah dicampur kapur sirih kira – kira 45 menitan.

Tiriskan dan cuci sampai bersih.

Masukan irisan pisang kedalam wadah lalu berilah garam halus dan aduk merata.

Gorenglah kripik pisang hingga matang dan kering.

Cara Membuat Salut Gula Manis Pada Kripik Pisang

Siapkan wadah, bisa pakai wajan kemudian masukan air secukupnya serta panaskan hingga mendidih.

Masukan daun pandan, gula, kemudian aduklah sampai gula larut juga mengental dengan nyala api kecil saja.

Masukan semua kripik pisang kedalam larutan gula, kemudian aduk sampai merata. Jika sudah angkat, dinginkan sampai larutan gula mengering. Kripik Pisang rasa manis sudah siap disajikan.