Keripik Gadung

Keripik Gadung

 

Keripik gadung adalah makanan yang terbuat dari umbi gadung yang diiris tipis kemudian dijemur sampai kering dan selanjutnya digoreng. Sebelum dilakukan penggorengan Keripik gadung harus melalui tahap pembersihan racun terlebih dahulu, agar Keripik gadung tidak memabukkan, ada beberapa perlakuan khusus terhadap gadung sebelum diiris dan setelah diiris untuk menghilangkan kadar racun dalam umbi gadung tersebut, setelah diiris tipis ada yang melumuri dengan abu kayu untuk kemudian dijemur, setelah itu dicuci bersih dengan air mengalir dan selanjutnya dijemur sampai kering sebelum digoreng. Biasanya rasa Keripik gadung adalah asin dengan aroma bawang yang gurih.

 

gadung https://anekakripikmalang.com

Keripik gadung sudah lama dikenal dan diolah oleh masyarakat Indonesia, pertumbuhan Keripik gadung sendiri cukup pesat di daerah Nusantara terlebih mereka bisa tumbuh liar di hutan ataupun dibudidayakan di pekarangan. Pengolahan umbi gadung menjadi camilan keripik gadung menjadi salah satu potensi usaha yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

 

Cara Membuat Keripik Gadung

 

Jarang kita menemui Keripik gadung, padahal gadung banyak memiliki kandungan gizi dan khasiat luar biasa untuk mencegah penyakit tertentu. Gadung memang jenis umbi yang memiliki getah yang bisa memabukkan jika tidak di olah dengan benar, namun jika pengolahannya dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan makanan ringan yang gurih dan enak seperti Keripik gadung.

Berikut adalah cara pengolahan Keripik gadung yang benar agar tidak memabukkan :

  1. Siapkan gadung yang sudah tua sebagai bahan utama pembuatan Keripik gadung.
  2. Rendam gadung dengan air yang sudah tercampur air dan garam.
  3. Sebelum di rendam iris tipis-tipis gadung untuk menghilangkan getah beracun yang terkandung dalam gadung.
  4. Rendam irisan gadung 1 sampai 2 hari.
  5. Setelah itu siapkan abu gosok, lumuri irisan Keripik gadung dengan abu gosok hingga merata
  6. Siapkan wadah dari anyaman bambu atau yang lain untuk aliran air agar meresap keluar, tata irisan Keripik gadung yang telah terlaburi abu dalam wadah ini, kemudian bagian atas tutup dengan daun atau plastik dan beri beban diatasnya guna menekan agar air dalam irisan gadung keluar, biarkan kurang lebih 3-4 hari.
  7. Setelah air berkurang, jemur irisan Keripik gadung hingga kering
  8. Setelah mengering segera rendam irisan Keripik gadung dalam larutan air dan kapur untuk menghilangkan abu.
  9. Setelah itu kukus irisan Keripik gadung hingga matang, anda bisa menambahkan bumbu agar tercipta rasa gurih dari Keripik gadung tersebut.
  10. Setelah di kukus hingga matang, jemur kembali irisan Keripik gadung.
  11. Setelah kering Keripik gadung siap di goreng dan di produksi

 

Keripik Gadung Produksi Aneka Kripik Malang

 

Aneka Kripik Malang bisa di bilang cukup lama dan professional untuk mengolah umbi gadung menjadi Keripik gadung yang gurih dan banyak di gemari oleh masyarakat luas. Dengan memilih umbi gadung melalui Quality Control bisa di pastikan akan menciptakan Keripik gadung yang memiliki kualitas rasa yang sangat baik.

Gadung

Pengolahan Keripik gadung yang di dukung oleh kecanggihan teknologi mesin dan alat pendukung bisa menjadikan produk yang sehat dan higienis sebagai salah satu komitmen Aneka Kripik Malang untuk membuat para konsumen merasa puas dengan produk Keripik gadung.

Keripik gadung terbungkus rapi dengan plastik polypropylene sehingga tidak akan terjadi kebocoran yang menimbulkan lembab pada Keripik gadung. Daya tahan Keripik gadung bisa mencapai 6 bulan dari masa produksinya.

Keripik gadung selain tersedia dalam kemasan ekonomis, juga disediakan keripik gadung dalam bentuk loss atau curah. Tersedia juga harga khusus bagi para reseller yang ingin memasarkan dan repacking semua produk Aneka Kripik Malang. Harga Keripik gadung”