Buah Sukun

Buah Sukun | Breadfruit

Buah Sukun merupakan tumbuhan dalam genus Artocarpus dalam famili Moraccea. Pohon buah sukun yang dipercaya berasal dari Polynesia ,dan kini banyak terdapat di kawasan tropika lain seperti di Malaysia, Sri Lanka dan Kepulauan Pasifik yang lain. Sukun atau Breadfruit merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan sebagai makanan pengganti beras. Buah sukun memiliki tekstur daging buah yang mirip dengan roti, sehingga tidak mengherankan jika masyarakat di luar negeri sering menjadikannya sebagai pengganti roti.

sukun BreadfruitBuah sukun merupakan buah terbanyak jika sedang panen atau musim yakni dengan sebatang pohon mampu menghasilkan melebihi 200 buah semusim. Di Pasifik Selatan, pohon buah Sukun mampu menghasilkan antara 50 hingga 150 buah setahun. Sukun merupakan salah satu buah yang kini tergolong unik dan langka. Tak mudah untuk menemukan buah berbentuk bulat dan berwarna hijau ini dikota-kota besar. Lain halnya dengan di pedesaan, terutama di sekitar pulau Jawa dan Sumatera, sukun masih terbilang mudah untuk ditemukan. Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sukun sering diolah untuk menjadi panganan.

Khasiat dan Manfaat Buah Sukun

Meskipun banyak orang berfikir bahwa sukun adalah buah yang kurang menarik dan memiliki rasa yang biasa saja, namun jangan pernah meremehkan kandungan nilai gizinya. Sukun merupakan salah satu buah dengan nilai kandungan protein yang tinggi. Bahkan kandungan protein dalam sukun melebihi kandungan protein pada kedelai.

Sukun memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Disamping itu, buah sukun juga mengandung beberapa zat fitokimia penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, vialin, histidine, serta tryptophan.

Sukun kaya akan serat

Kandungan serat pada buah sukun sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa asupan rutin buah sukun itu dapat mengurangi risiko diabetes dan kadar gula darah menjadi terkontrol.

Memberi sensasi kenyang lebih lama

Buah sukun memberi sensasi kenyang tanpa meningkatkan asupan kalori. Sehingga seseorang merasa energik dan aktif setelah menyantap buah sukun.

Sukun adalah sumber omega-3 dan omega-6

Sepasang asam lemak esensial ini cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung. Para ahli menyatakan bahwa asupan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan otak besar mereka.

Digunakan untuk kecantikan kulit

Di samping itu buah sukun juga merupakan sumber yang kaya vitamin C yang juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

Sumber vitamin dan mineral lengkap untuk rambut

Kandungan asam lemak omega-6 terbukti sangat berguna menyehatkan folikel rambut. Hasilnya rambut akan sehat dan bebas dari kerontokan.

Buah sukun sendiri sangat cocok digunakan sebagai makanan diet, karena kaya akan karbohidrat tetapi rendah kalori. Dibandigkan dengan ubi jalar, ubi kayu maupun kentang, buah sukun lebih kaya akan protein. Bahkan jika dibandingkan dengan beras, kandungan karbohidrat buah sukun bisa dibilang setara tetapi dengan kalori yang lebih rendah daripada beras.

Olahan Buah Sukun menjadi Kripik Sukun

Sukun

Kripik sukun sendiri adalah makanan ringan yang tak asing lagi untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Makanan renyah yang memiliki rasa gurih dan manis ini sangat disukai oleh segenap lapisan masyarakat. Beberapa contoh makanan yang dibuat dari sukun adalah : sukun goreng, getuk sukun, kolak sukun dan keripik sukun. Cara membuat kripik sukun yang terbilang cukup mudah.

Bahan yang diperlukan :

1 buah sukun tua dengan ukuran sedang.

Bumbu bumbu yang diperlukan :

1 sendok makan ketumbar
4 siung bawang putih
1 sendok makan garam
3 cm kunyit
1 sendok teh gula pasir

Cara membuat keripik sukun :

Buah sukun dikupas dan kemudian diiris tipis. Selanjutnya irisan sukun tadi direndam dalam air kapur kira-kira 5 jam. Ambil irisan sukun dari air kapur dan cuci menggunakan air bersih. Persiapkan bumbu bumbu yang terdiri dari ketumbar bawang putih,  kunyit dan garam. Bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan setengah liter air. Sesudah bumbu siap, masukkan irisan sukun itu dalam bumbu. Biarkan sebentar sampai bumbu meresap. Panaskan minyak goreng kemudian goreng irisan sukun. Bolak-balik sukun agar matangnya merata ,yang ditandai dengan warna kekuningan. Setelah matang angkat dari minyak goreng. Siapkan toples atau bungkus plastik bersih dan masukkan keripik sukun setelah dingin.