Buah Rambutan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah Rambutan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah rambutan salah satu jenis buah yang difavoritkan kebanyakan orang-orang di Indonesia. Tanamannya mudah tumbuh di iklim Tropis, tak heran pada saat panen tiba, buah rambutan ini melimpah ruah dan harganya pun murah.

Buah RambutanSalah satu buah eksotis asli Indonesia yang rasanya manis dan agak asam, buah rambutan atau dalam bahasa latinya “Nephelium Laapaceum” adalah buah yang tumbuh di iklim tropis pada temperarur sekitar 25 derajad celcius.

Kata “Rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah iklim tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia dan Sri Lanka.

Varietas Tanaman Buah Rambutan

Jenis-jenis Varietas tanaman Rambutan yang tumbuh di Indonesia adalah Ropiah, Simacan, Sinyonya, Lebakbulus, dan Binjei.

Adapun cara membudidayakan atau mengembang biakkan tanaman rambutan yaitu dengan menanam bijinya, cara lain yaitu dengan tempelan tunas, atau juga bisa dengan dicangkok.

Tanaman buah rambutan di Indonesia ada yang dibudidaya secara khusus pada sebuah lahan yang cukup besar dan banyak pula yang hanya ditanam sebagai tanaman pelengkap pada pekarangan. Musim rambutan di Indonesia pada umumnya jatuh pada awal bulan Desember sampai pertengahan bulan Februari, pada saat itu hasil panen tanaman rambutan cukup melimpah.

Manfaat Tanaman Buah Rambutan

Tanaman buah ini selain bisa dinikmati buahnya ketika musim panennya tiba, ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dari kulit batang tanamannya, biji buahnya, juga daun tanamannya, bahkan dari akar tanamannya juga bisa dimanfaatkan.

Kulit batang pohon rambutan bisa digunakan untuk mengobati sariawan.

Biji buah Rambutan berguna untuk mengobati penderita Diabetes.

Kulit buah rambutan yang biasanya kita buang ternyata dapat pula digunakan untuk menyembuhkan demam.

Akar tanaman ini ternyata juga bisa digunakan sebagai penyembuh demam sama seperti kulit buahnya.

Komposisi dan Kandungan Dalam Buah Rambutan

Buah rambutan kaya akan zat gula, dimana sebagian besar komposisinya adalah kandungan Fruktosa dan Sukrosa, walaupun sangat manis namun kandungan kalorinya sangat sedikit, hanya 84 kalori dalam setiap bagiannya.

Ada banyak Vitamin C dalam buah rambutan, termasuk Kalium, Zat Besi, Vitamin A, Kalsium, Magnesium, Natrium, Seng, Niasin, Serat dan Protein. Dan dalam setiap 100 gram atau sekitar 3 buah rambutan terkandung 84 kalori, 18 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin, disamping kandungan serat rambutan juga cukup tinggi sekitar 2 gram per 100 gram berat buah.

Bagi Anda yang mengikuti program diet kalori, maka rambutan adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak karena sebagian besar kalori yang dimiliki oleh rambutan berasal dari karbohidrat.

Kandungan vitamin C nya dapat meningkatkan ketahanan tubuh, selain itu juga dilengkapi Vitamin B3. Kandungan Fosfor yang terdapat bisa membantu mem-filter kotoran yang mengumpul di ginjal dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan serta pemeliharaan jaringan sel.

Perlu dicatat bahwa pada buah rambutan yang sudah terlalu matang mengandung senyawa alkohol yang dapat berakibat buruk pada kesehatan terutama apabila dikonsumsi oleh ibu yang mengandung, selain itu dari kadar gulanya yang sangat tinggi bisa menimbulkan penyakit diabetes apabila terlalu banyak dikonsumsi.

Makanan Olahan dari Buah Rambutan

Cara mengkonsumsi buah ini lebih umum dimakan langsung atau dicampur sebagai es buah atau puding buah. Selain itu, buah rambutan juga digunakan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman seperti sirup rambutan, manisan rambutan, dan keripik buah rambutan.