Buah Nangka

Buah Nangka | Jackfruit

Buah Nangka atau disebut juga Artocarpus Heterophyllus adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Buah nangka ini cukup terkenal di seluruh dunia, dikenal dengan sebutan “ Jackfruit ”. Tanaman ini diduga berasal dari India selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia.

Buah NangkaOlahan buah nangka / Jackfruit, keripik nangka sebenarnya sudah dikenal di Indonesia mulai tahun delapan puluhan, saat ini produk keripik nangka sudah mudah dijumpai di setiap gerai pusat oleh-oleh. Karena keripik nangka ternyata mendapat respon baik dari masyarakat maka tempat produksi keripik nangka mulai banyak bermunculan di setiap daerah.

Nutrisi dalam Buah Nangka

Pada buah nangka terdapat Energi (95Kcal 5%), Karbohidrat (23,5g 18%), Protein (1,72g 3%). Selanjutnya Vitamin A (110 IU 3,5%), Vitamin C (13.7 mg 23%), Vitamin E (0,34mg 2%). Dan Sodium (3mg 0%), Kalium (303mg 6,5%), Kalsium (34mg 3,4%), Zat besi (0.60mg 7,5%), Magnesium (37mg 9%) dan Fosfor (36mg 5%). Namun sebaiknya jangan berlebihan makan buah yang manis enak ini karena akan menimbulkan banyak pembentukan gas dalam perut, yang dapat menyebabkan perut mulas.

Ciri – Ciri Fisik Pohon dan Buah Nangka

Buah Nangka besar: tinggi mencapai 20-30 m, diameter batang mencapai 80 cm dan umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.

Buah Nangka kecil: tinggi mencapai 6-9 m, diameter batang mencapai 15-25 cm dan umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.

Jenis – Jenis Buah Nangka berdasarkan Daging Buah

Nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah.

Nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng dan nangka belulang).

Nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.

Cara Memilih Buah Nangka Untuk Dijadikan Keripik Nangka

Untuk mendapatkan kripik nangka yang berkualitas kita juga harus memilih buah dengan kualitas yang baik. Bagaimana caranya untuk memilih buah yang baik? Berikut ini kami akan memberikan beberapa tipsnya :

Pilihlah buah yang memiliki duri duri yang besar dan kalau bisa durinya berjarak. Kenapa? Karena itu menandakan bahwa buah tersebut sudah tua, walaupun buah tersebut belum matang benar namun masih bisa di peram beberapa hari. Jangan pilih buah yang jarak durinya masih rapat karena itu menandakan bahwa buah tersebut masih muda.

Pilihlah buah yang memiliki aroma harum, itu menandakan bahwa buah nangka sudah cukup matang

Secara tradisional orang memilih buah  yang sudah matang dengan cara memukul buahnya dengan benda tumpul dan mendengarkan efek suara yang terjadi apabila suaranya nyaring maka buah tersebut masih muda, sedangkan apabila suaranya lebih dalam atau rendah maka buah tersebut sudah matang.

Jangan memilih buah nangka yang terdapat lubang, karena itu menandakan bahwa buah nangka tersebut diserang ulat, biasanya sebagian dagingnya hingga kedalam sudah rusak.

Olahan Keripik Nangka

Buah nangka memiliki banyak sekali varian olahan yang menjadikannya makanan favorit diantaranya puding, sayur, selai, es buah, dodol, jenang sampai olahan keripik nangka. Keripik merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari sebagai camilan. Snack keripik bisa terbuat dari bahan baku umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng menggunakan minyak sawit dan bersifat awet original tanpa bahan kimia karena memiliki kadar air yang rendah. Keripik nangka adalah salah satu produk yang bisa bertahan paling lama, hingga satu tahun dari mulai masa produksi tanpa bahan pengawet tambahan.

Cara Membuat Keripik Nangka

Bahan – Bahan Untuk Membuat Keripik Nangka :

Buah nangka segar, tidak terlalu matang.

Minyak goreng.

Pembuatan Keripik Nangka

Kupas nangka dan bersihkan kulit beserta, belah daging buah, lalu potong ujung-ujungnya.

Cuci bersih nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.

Masukkan kedalam mesin pendingin kurang lebih 24 jam.

Kemudian masukkan ke dalam mesin Vacuum Frying, dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 85° Celcius.

Goreng hingga matang, ketika buih yang dihasilkan nangka pada waktu digoreng pada minyak semakin mengecil atau berkurang, maka angkat dan tiriskan.

Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan umurnya tahan lama.

Catatan:

Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak, karena kandungan Fruktosa dan Glukosa yang terkandung di dalam buah nangka ini sangat tinggi.

Untuk pemesanan dan pembelian olahan buah nangka, keripik nangka dan keripik lain bisa melalui kontak Customer Service Aneka Keripik Malang, dan untuk cek harga silahkan klik “Harga Produk”.