Buah Naga | Dragon Fruit

Buah Naga | Dragon Fruit

Buah Naga berasal dari jenis tanaman kaktus Hyloceoreus dan Seleniceoreus. Sejarah pada awal mula buah ini berasal dari Negara Meksiko, Amerika Selatan.

Buah Naga saat ini bisa ditemukan di daerah Asia dimana awal mula sejarahnya karena pada tahun 1870 pemuda dari Negara Perancis datang ke Negara Vietnam dengan tujuan memberikan buah naga ini sebagai tanaman hias bagi orang Vietnam, berawal dari peristiwa itu maka buah naga mulai dibudidaya oleh penduduk Asia bahkan saat ini juga sudah dikenal umum oleh masyarakat Indonesia.

Buah NagaBuah ini diberi nama naga karena bentuk kulit dan warnanya diibaratkan menyerupai kulit binatang mitos naga yang oleh beberapa masyarakat Asia dianggap membawa berkah dan keberuntungan.

Tanaman buah naga diklasifikasikan menjadi beberapa jenis varietas berdasarkan warna buah yang dihasilkan diantaranya warna putih, warna merah, warna kuning, warna hitam dan warna ungu.

Menurut beberapa penelitian bahwa buah naga yang memiliki pigmen atau warna pada buahnya ditemukan memiliki khasiat yang lebih dibandingkan dengan buah naga yang berwarna putih.

Di Indonesia buah naga cukup populer walaupun para pembudidayanya masih belum begitu banyak jumlahnya.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga

Komposisi di dalam buah naga terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin, lebih spesifiknya dalam 100 gram buah, mengandung Kalori 60 kkal, Protein 0, 53 g, Karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, Kalsium 134,5 mg, Fosfor 87 mg, Zat Besi 0,65 mg, Vitamin C 9,4 mg, Vitamin B1 (Tamin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B12 serta kandungan airnya sebanyak 90%.

Manfaat Buah Naga Pada Kesehatan

Buah naga memiliki beberapa manfaat dalam mengatasi dan mencegah timbulnya beberapa penyakit. Manfaat tidak hanya didapat dari buahnya saja melainkan dari batang hingga kulitnya memiliki kandungan yang sangat bermanfaat.

Menyembuhkan penyakit kanker, kandungan Vitamin kompleksnya, saat ini banyak direkomendasikan oleh Ahli Gizi dan Dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, jenis naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur dan masker wajar.

Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari Glukosa, maka buah naga merah tidak berbahaya bagi penderita Diabetes.

Mencegah penyakit Osteoporosis atau pengapuran tulang, karena kandungan buahnya kaya akan Kalsium Organik.

Buah naga mengandung Vitamin B3 dan jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Komposisi daging buahnya yang kaya akan serat sangat baik bagi kesehatan sistim pencernaan yang ber efek langsung pada lancarnya buang air besar.

Kandungan Vitamin C pada buah akan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami yang akan memberi fungsi melindungi tubuh dari serangan segala penyakit.

Manfaat buah naga seperti sudah dikatakan diatas tidak hanya terdapat di daging buahnya melainkan juga terdapat di kulit buahnya. Dimana cara memanfaatkan kulitnya dengan cara dikeringkan pada terik matahari kemudian cara mengkonsumsinya seperti mengkonsumsi teh yaitu diseduh pada air panas. Selain kulit daun dan batang tanaman ini bisa digunakan untuk meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Cara mengkonsumsi buah ini pada umumnya langsung dimakan begitu saja, atau dibuat campuran salad atau juga es buah, makanan olahan yang memanfaatkan bahan buah ini masih belum begitu banyak, salah satunya adalah kerupuk buah naga produk Aneka Kripik Malang yang bisa dipesan disini.