Buah Apel Malang

Buah Apel Malang

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel Malang? Buah yang sudah menjadi primadona dan ciri khas Kota Malang ini sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Warnanya segar menggoda, ditambah rasanya yang manis dan renyah.

buah apel malangProduk Hortikultura buah apel Malang telah menjadi primadona Malang Raya (Kota dan Kabupaten), karena itu julukan kota apel disandang Malang oleh sebab hasil pertanian buahnya.

Bukan hanya Kota Malang saja yang memiliki produk unggulan buah apel namun Kota Batu yang dahulu menjadi salah satu wilayah Kabupaten Malang juga dikenal dengan produk apel yang sangat melimpah. Selain itu Kota Batu saat ini telah menjadi tempat pariwisata dengan keindahan alam yang sangat memikat.

Wilayah Kota Batu terletak pada ketinggian 600-3000 meter dari permukaan laut. Selain dikenal kesejukan udaranya, di sana buah apel tumbuh subur. Tak heran, tugu apel yang berdiri di tengah taman kota menjadi perlambang bahwa kota ini menjadi pusat produksi apel.

Buah apel Malang memiliki 2 jenis varian, yaitu Apel Rome Beauty dan Apel Manalagi. Apel Rome Beauty memiliki karakteristik kulit yang berwarna hijau semburat merah, rasanya lumayan manis, dan warna dagingnya putih kehijauan. Sedangkan apel Manalagi memiliki karakteristik kulit yang berwarna kuning kehijauan, rasa manis dan aroma kuat, serta warna daging putih kekuningan.

Buah apel Malang dikenal banyak mengandung Vitamin A, B, dan C, vitamin A yang dikandung apel 50 % lebih banyak dibandingkan jeruk.

Sadar bahwa buah apel Malang menjadi salah satu produk unggulan yang ditanam di Indonesia, maka para pelaku dibidang Industri Hortikultura harus ikut mendukung program pemerintah untuk menggalakkan produksi buah lokal Nusantara, serta meningkatkan kualitasnya dengan cara mengutamakan Nutrisi kesehatan dari produk buah apel Malang.

Khasiat Buah Apel Malang Untuk Kesehatan

Menurut informasi beberapa badan penelitian mengatakan bahwa buah Apel Malang mengandung zat-zat penting untuk tubuh seperti serat Pektin Quercetin (bahan anti kanker dan radang), serta vitamin C yang tinggi sebagai Antioksidan. Karena alasan inilah banyak ahli medis yang menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi buah apel Malang.

Untuk menghindari serangan diare atau konstipasi maka serat di dalam buah apel Malang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Serat Berguna juga untuk mengurangi lemak dan kolesterol tubuh sehingga baik dijadikan menu dalam program diet.

Memakan atau mengkonsumsi buah apel dengan cara digigit dan dikunyah dapat menigkatkan produksi air liur dalam mulut, hal tersebut yang dapat menurunkan tingkat bakteri dalam mulut serta dapat melindungi gigi dari keropos dan penyakit yang berhubungan dengan mulut dan gigi.

Buah apel Malang mengandung Antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari radikal bebas negatif dan juga dapat melindungi mata dari penyakit katarak.

Kulit apel dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada lever, usus besar, dan sebagainya.

Buah apel Malang juga berguna dalam treating anemia, selain juga dikenal sebagai penambah vitalitas.

Makanan Olahan Buah Apel Malang

Kripik Apel Kw1Olahan yang memanfaatkan buah apel Malang terdiri dari beberapa jenis diantaranya sari buah apel, cuka apel, jenang apel, brem apel, selai apel dan keripik apel. Aneka Kripik Malang salah satu pengolah buah apel yang menawarkan keripik apel sebagai salah satu produk unggulan Kota Malang.

Hasil olahan Keripik Buah Apel Malang banyak di minati oleh konsumen dari berbagai macam daerah, terbukti dari banyaknya permintaan produk Keripik Buah Apel ke berbagai kota di seluruh Indonesia.