Kripik Nanas dan Cara Pembuatannya

Kripik Nanas dan Cara Pembuatannya

Buah nanas cukup banyak ditemukan di Indonesia, budidaya buah asal Brasil ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Tanaman ini sangat baik apabila dibudidayakan di daerah beriklim tropis pada dataran rendah atau tinggi juga bisa tumbuh, pada intinya tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang dingin dan bersalju.

Makanan Hasil Olahan Buah Nanas

Buah nanas apabila dikonsumsi langsung daging buahnya sangat baik kandungan mineral dan vitaminnya bagi tubuh terutama kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada pada buahnya. Pengolahan buah nanas di dunia kuliner bervariasi contohnya dodol nanas, jenang nanas, manisan nanas, selai nanas, camilan kripik nanas, atau juga minuman sari buah.

Kripik nanas salah satu dari olahan buah nanas yang cukup digemari para pecinta makanan sehat. Makanan ringan ini dibuat langsung dari buah nanas yang sudah cukup matang. Adapun cara pengolahannya cukup sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.

Cara Pembuatan Kripik Nanas

Kripik Nanas
Sedikit informasi mengenai cara pembuatan kripik nanas agar hasilnya bisa bagus antara lain mulai dari

pemilihan buah nanas harus benar, buah dipilih dari yang sudah matang tetapi tidak boleh terlalu lembek daging buahnya karena terlalu matang. Dengan dipilih buah yang sudah matang maka akan dihasilkan rasa manis pada produk kripik nanas tanpa ada penambahan unsur manis dari luar.

Dari pemilihan buah yang baik selanjutnya dilakukan proses pengupasan hingga bersih dilanjutkan dengan perendaman pada air garam. Setelah itu buah diiris sesuai selera bentuk yang ingin dihasilkan dari kripik nanas, bisa bentuk bulat sesuai buahnya atau bentuk memanjang kebawah. Ketebalan tiap irisan diperkirakan kurang lebih 5 mm.

Cara Menggoreng Kripik Buah Nanas

Proses selanjutnya adalah mendinginkan buah pada Freezer sebelum dilakukan penggorengan agar hasilnya bisa baik. Pada waktu proses penggorengan dibutuhkan sekali alat penggorengan khusus buah buahan atau dinamakan Vacuum Friying.

Memang mesin penggoreng buah buahan dikenal cukup tinggi harganya dan juga apabila dilakukan dengan sistim penggorengan biasa atau tradisionil maka hasil dari kripik nanas akan hitam atau meleleh seperti jeli. Hal tersebut disebabkan karena kandungan glukose pada buah buahan sangat tinggi karena itu suhu temperatur tidak boleh terlalu tinggi ketika menggorengnya.

Pada penggorengan biasa cenderung suhu bisa tinggi hingga 100 derajat celcius bahkan lebih, dengan kondisi suhu kerja yang tinggi itu masih belum cukup untuk menghilangkan kadar air dalam buah, dan apabila hal tersebut diteruskan ketika proses menggoreng, maka hasil produksi kripik nanas akan gosong.

Dengan menggunakan alat Vacuum Friying suhu temperatur bisa diatur agar tidak terlalu tinggi dan selalu stabil ketika proses dilakukan, pada proses pemanasan pada mesin kripik buah tidak boleh lebih dari 85 derajat celcius agar hasilnya tidak gosong. Di dalam mesin ketika menggoreng buah, kandungan air dihisap keluar dari buah melalui mekanisme yang ada pada mesin penggoreng kripik buah tersebut.

Penirisan dan Pengepakan Kripik Nanas

Setelah cukup diperkirakan sudah matang maka makanan ringan kripik nanas dikeluarkan dari mesin Vacuum Friying kemudian ditiriskan atau dipisahkan dari minyak nabati yang menempel di kripik dengan menggunakan alat yang dinamakan mesin Spinner. Dengan alat peniris ini membuat hasil kripik buah nanas akan lebih sempurna karena kandungan minyak bisa hilang sepenuhnya dari kripik, hasilnya seolah tidak digoreng dengan minyak.

Selesai sudah urutan pengerjaan kripik nanas, tahap akhir yaitu pengemasan dan penyimpanan produk agar bisa tahan lama, disini dianjurkan apabila ingin membuat produk kripik nanas jadi tahan lama diharuskan menggunakan Packing Aluminium Foil Bag, jenis packing ini lebih padat pori porinya dari pada plastik sehingga daya tahan kripik nanas bisa lebih maksimal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Be Sociable, Share!